Jun 5, 2010

Aneka Wisata Taman Air seputar Jabotabek

Ide jalan-jalan selama di Tanah Air...


JALAN-JALAN
Saatnya Mendinginkan Tubuh

Sabtu, 5 Juni 2010 | 03:11 WIB

Mengisi liburan pada cuaca yang sangat panas ini memang paling asyik dilakukan di air. Entah itu berenang, berseluncur, atau sekadar berendam. Jumlah taman wisata air di Jakarta dan sekitarnya sudah banyak. Tinggal Anda memilih, mana yang paling seru.

Di Jakarta, taman wisata air yang paling dulu ada tentu saja Ancol Taman Impian. Selain pengunjung bisa bermain di pantai, di sana juga ada Atlantis Water Adventure.

Hari Minggu (6/6) besok akan diresmikan sebuah wahana baru di taman air ini, yakni Kolam Apung. Dalam kolam tersebut, para pengunjung bisa merasakan mengapung di air, seperti di Laut Mati, Jordania. Dengan kadar air yang sangat tinggi, yakni 240 ppm, setiap pengunjung akan mengambang tanpa takut tenggelam di kolam berukuran 500 meter persegi dengan kedalaman satu meter.

Bergerak ke arah Jakarta Timur, peminat taman wisata air juga bisa bermain air di Snow Bay, Taman Mini Indonesia Indah. Di sana, suasana dibuat seperti bermain seluncur di tengah alam berwarna putih seperti warna salju.

Ingin merasakan air yang lebih dingin? Cobalah ke taman air di Taman Safari Indonesia (TSI), Cisarua, Bogor. Air yang digunakan untuk kolam-kolam renang di TSI adalah air dari gunung. Di areal seluas sekitar tiga hektar itu, ada tiga fasilitas kolam renang dan berseluncur.

"Air kolam ini langsung dari mata air Gunung Gede Pangrango. Airnya asli air gunung sebagaimana pemandangan di sini, langsung melihat hutan Gunung Gede Pangrango. Jadi, seperti berenang di jungle (hutan). Sudah pastilah air dan hawa di sini dingin menyegarkan," kata Yulius Suprihardo, Humas TSI.

Karena ingin "menyatu" dengan alam, di pinggir kolam ada akuarium berisi buaya, berang-berang, dan berbagai jenis ikan hias air tawar dan laut.

Taman wisata air yang juga memiliki akuarium adalah The Jungle di kawasan Bogor Nirwana Residence di Kota Bogor. Berbagai ikan air tawar berukuran besar ada di akuarium yang panjang itu.

"Pengunjung di sini bisa bermain futsal dan menikmati musik hidup di panggung," kata Winda Okta Nurbaini dari Promosi The Jungle.

Selain The Jungle, Kota Bogor juga punya Marcopolo Water Adventure (MWA) di kawasan perumahan Bukit Cimanggu City, Tanah Sareal.

Di sini menara luncurnya setinggi 20 meter. Selain ada kolam renang yang sangat luas, ada juga fasilitas "air terjun", kolam air panas, dan flying fox yang melintas kolam renang.

"Kami beroperasi sejak 4,5 tahun lalu. Air yang digunakan di semua kolam di sini adalah air mineral curah," kata Aroel Geirhard, Manajer Pemasaran dan Promosi MWA.

Melestarikan alam

Ke arah Cikarang, 35 kilometer dari Jakarta, juga ada Water Boom Lippo Cikarang. Selain bisa berenang dan bersantai di air, taman wisata air ini juga menyediakan fasilitas rekreasi dan edukasi berbasis lingkungan, yakni Eco Friendly Garden.

Di sini, anak-anak dapat belajar dan melakukan langkah sederhana untuk melestarikan alam dan menjaga lingkungan, misalnya dengan menanam pohon. "Bibit pohonnya kami sediakan. Setelah anak-anak menanam, bibit pohon itu dapat dibawa pulang," kata S Widi Karyaningsih, Sales and Marketing Manager Water Boom Lippo Cikarang.

Wahana rekreasi air dan petualangan alam terbuka di Water Boom Lippo Cikarang dipadukan dengan lanskap alam pedesaan Bali dan bangunan berbahan kayu dengan hiasan bergaya Bali. Suasana Bali semakin terasa dengan terdengarnya alunan gamelan mulai dari gerbang masuk Water Boom Lippo Cikarang.

Di Tangerang, wisata air bisa dinikmati di Ocean Park Water Adventure, Bumi Serpong Damai. Di taman ini, pengunjung dapat menikmati suasana pantai. Misalnya, di wahana Pacific Wave, seluas 2.350 meter persegi, terdapat kapal bajak laut. Di area ini juga sering dikenal sebagai kolam ombak karena setiap satu jam, akan datang ombak selama 15 menit. Ombak buatan ini bisa mencapai 1,5 meter yang akan membuat Anda merasa berada benar-benar di pantai atau laut lepas.

Tawaran wisata air dengan konsep berbeda diberikan Marcopolo Water Adventure Serpong Town Square di CBD Serpong Lantai 5, Serpong, Tangerang. Marcopolo Serpong ini unik karena terletak di atas mal atau 50 meter di atas permukaan laut. Konsep taman air di atas mal ini adalah yang pertama di Indonesia.

Tawaran lain adalah kolam air panas dengan kedalaman 40 cm. Kolam air panas ini bisa digunakan untuk terapi kesehatan. "Pada hari Sabtu dan Minggu, kami menawarkan ramuan herbal yang ditaburkan dalam kolam untuk terapi," kata Susanti, Manajer Marcopolo Water Adventure Serpong.

Sekarang, tentukan pilihan Anda untuk mendinginkan tubuh. (RTS/PIN/COK/ARN)

Sumberhttp://cetak.kompas.com/read/xml/2010/06/05/03110472/saatnya.mendinginkan.tubuh

No comments: