Oct 16, 2012

Stable Allocations & Market Design Theories

...the theory that finds out how best to bring different parties together for mutual benefit...
 

Alvin E Roth dan Lloyd S Shapley

Peraih Hadiah Nobel Ekonomi 2012

Alvin E Roth dan Lloyd S Shapley

Kompas, 16 Oktober 2012 - Oleh Simon saragih

Menemukan sekolah yang pas, mencari dokter yang paling cocok untuk dipekerjakan di sebuah rumah sakit, hingga mencari pasangan hidup paling ideal. Itulah metode yang disusun dua ekonom AS, Alvin E Roth dan Lloyd S Shapley, yang disebut sebagai "theory of stable allocations and the practice of market design". 

Intinya, bagaimana sebuah barang atau jasa terbaik bisa kita dapatkan dan tidak ada lagi barang atau jasa lain yang lebih baik untuk dicari. Itulah inti dari teori ekonomi yang dilahirkan dua ekonom ini.

Itulah kontribusi Roth dan Shapley yang membuat Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia menganugerahkan Hadiah Nobel Ekonomi 2012 dengan uang sebesar 1,2 juta dollar AS.

Secara teknis, ini bukan Hadiah Nobel karena tidak termasuk dalam surat wasiat Alfred Nobel, seorang industrialis Swedia penemu dinamit. Dia mewasiatkan penghargaan untuk mereka yang andal di bidang kimia, fisika, sastra, perdamaian, dan kedokteran saja. Hadiah Nobel Ekonomi diciptakan oleh Bank Sentral Swedia tahun 1968 untuk mengenang Nobel.

Sejak itu, setiap tahun, penghargaan diberikan dan kali ini diumumkan di Stockholm, Swedia, Senin (15/10). Dominasi para ekonom AS masih belum tertandingi.

"Fokus penghargaan tahun ini terkait persoalan inti ekonomi: bagaimana membuat semua agen bisa cocok. Sebagai contoh, bagaimana para siswa cocok dengan sekolah yang dituju, bagaimana donor organ manusia bisa menemukan pasien paling pas," demikian dikatakan komite Nobel Ekonomi, memberi alasan pemberian penghargaan kepada Roth dan Shapley.

"Bagaimana semua itu bisa diraih dengan mungkin? Metode apa yang paling pas diterapkan ke berbagai kelompok? Komite memberi penghargaan kepada dua akademisi yang telah menjawab pertanyaan-pertanyaan ini," ungkap komite.

Dikatakan, kedua ekonom AS itu mendapatkan sebuah teori yang tadinya abstrak semata. Teori ini disebut teori tentang "alokasi-alokasi yang stabil". Teori ini dikembangkan menjadi praktis.

Sebagai contoh, temuan mereka berhasil diterapkan di sejumlah rumah sakit di AS. Sejumlah pasien di beberapa rumah sakit, misalnya, berhasil menghindari kematian karena mendapatkan transplantasi organ tubuh dari orang yang paling tepat.

Sejumlah sekolah kedokteran di AS mengalami penurunan drastis dalam hal mahasiswa drop out setelah menerapkan metode mereka. Demikian juga sejumlah rumah sakit di AS berhasil menjadi rumah sakit yang tergolong terbaik karena mendapatkan para dokter yang paling pas sesuai kebutuhan.

Ada banyak institusi di AS dan di negara lain yang dapat mencapai kinerja terbaik dengan menerapkan teori mereka.

Kaget

Roth yang berusia 60 tahun adalah profesor di Harvard Business School di Boston, Massachussets. Ini adalah sekolah di mana teori ekonom terapan banyak didalami. Roth melakukan studi mendalam tentang agen-agen ekonomi dan praktik rancangan pasar.

Roth sebenarnya melanjutkan karya Shapley yang berusia 89 tahun dan berstatus profesor emeritus di University of California, Los Angeles (UCLA).

Kepada Televisi Swedia, Roth mengatakan terkejut dengan penghargaan itu. "Tidak, saya sungguh tidak menyangka. Namun, penghargaan itu pasti cocok untuk Lloyd Shapley. Saya bahagia bisa berbagi hadiah itu dengannya," kata Roth.

Roth mengatakan, dia bangga dengan hadiah itu. Ini akan meningkatkan minat pada hal-hal yang mereka dalami tentang rancangan pasar (market design). Ini adalah sebuah bidang terbaru dalam ilmu ekonomi.

"Jika saya mengajar nanti, murid-murid saya akan memberi perhatian yang lebih tinggi kepada saya," kata Roth.

Shapley tidak bisa dihubungi dan sudah tidak mengajar di UCLA. Akan tetapi, prestasinya membuat UCLA tetap memberi penghargaan dengan memberinya julukan profesor emeritus.

Shapley adalah lulusan Harvard pada tahun 1943. Saat keadaan genting, Shapley pernah memasuki dinas militer AS. Dia meraih penghargaan karena bisa memecahkan kode-kode rahasia Uni Soviet soal kondisi cuaca.

Seusai menjalani dinas militer, dia melanjutkan kuliah di Princeton University dan meraih gelar doktor ekonomi. Pada 1981, Shapley mulai mengajar di UCLA.

Per Krusell, Ketua Economic Sciences Prize Committee, mengatakan, tema pemberian Hadiah Nobel Ekonomi 2012 tidak memiliki kaitan apa pun dengan masalah terkini ekonomi Eropa yang sedang didera krisis.

"Sukses riset-riset mereka terletak pada kombinasi teori Shapley yang berhasil dikembangkan Roth dalam kehidupan praktis," kata Krusell.

Teori yang mereka ciptakan telah menarik banyak minat untuk mendalami bidang serupa.

"Perjodohan terbaik"

Awalnya hanya sebuah teori yang diciptakan Shapley. Pada dekade 1960-an, profesor dari UCLA ini mengembangkan teori matching methods. Ini adalah metode soal perjodohan paling pas antara sejumlah orang dari lain jenis untuk menikah.

Sebagai contoh, beberapa laki-laki dan perempuan berpikir untuk menikah. Metode Shapley dipakai untuk melahirkan pasangan paling cocok sehingga pernikahan mereka langgeng hingga akhir hayat. Alasannya, setiap pasangan telah mendapatkan jodoh terbaik dan tidak ada jodoh lain yang paling baik dari itu. Setiap pasangan merasa bahwa mereka sudah mendapatkan pasangan paling menarik dan paling pas.

Shapley dan koleganya sesama pengajar di UCLA bernama David Gale mengembangkan sebuah proses yang menjamin pernikahan paling aman atau stabil. Dalam proses ini, yang mereka sebut sebagai "Algoritme Gale-Shapley" ada beberapa langkah. Para laki-laki dan perempuan, antara lain, menyusun daftar calon jodoh paling pas sesuai kriteria yang mereka inginkan. Lalu, pilihan ditentukan setelah masing-masing menemukan calon terbaik.

Simulasi ini hanya abstrak. Tidak ada pernikahan yang terjadi didasari Algoritme Gale-Shapley itu.

Penggunaan praktis

Roth kemudian mendalami karya Shapley. Hal paling awal dan paling paling luas dipakai adalah pencarian para dokter yang paling pas untuk semua rumah sakit di AS.

Pada dekade 1990-an, Roth mengembangkan algoritme baru yang dipakai National Resident Matching Program, yang mempertemukan para dokter dengan rumah sakit terbaik.

Ini berhasil, tetapi teori Roth juga amat cocok dengan termuan Gale-Shapley. Setelah itu, kini banyak perusahaan juga mencari karyawan baru dan terbaik dengan memakai metode " perjodohan" itu.

Sekolah-sekolah di New York City pernah menghadapi problem dengan angka drop out tinggi. Roth menolong sekolah-sekolah itu dengan metode yang dia temukan. Roth membantu sekolah-sekolah itu dengan membuang sistem lama dan menggantinya dengan teori Shapley. Hasilnya luar biasa.

"Beberapa orang mengatakan, ilmu ekonomi memiliki berbagai jenis alat dan teknik yang baik. Akan tetapi, ilmu ini kurang menyajikan hal-hal menarik," ujar Roth, suatu waktu pada tahun 2010, kepada majalah Forbes.

"Saya melihat ke sekitar, dan saya lihat banyak hal menarik. Berbagai masalah harus kita atasi dengan alat yang kita miliki," kata Roth, lulusan Columbia University, New York, pada tahun 1971. Ia melanjutkan pengambilan gelar doktor di Stanford University, yang dia raih tahun 1973.

Sumber: Kompas, 16 Oktober 2012

No comments: