Jan 14, 2011

One day 10,000 steps

Why driving is unhealthy...
 

Perbanyak Langkah Mengurangi Risiko Diabetes
Jumat, 14 Januari 2011

ilustrasi-[google] ilustrasi-[google]

[LONDON] Berdasarkan penelitian, banyak berjalan tidak hanya membakar kalori tetapi juga mengurangi kesempatan mengidap penyakit diabetes. Sebagai bagian penelitian dari penelitian nasional di Australia untuk menghitung tingkat diabetes, ahli memberi sekitar 600 orang dewasa alat pengukur langkah untuk menghitung berapa banyak langkah yang mereka lakukan selama dua hari berturut-turut di tahun 2000 dan diulangi kembali pada tahun 2005. 

 Selain itu, mereka yang berpartisipasi juga telah mengisi formulir mengenai pola makan dan pola hidup mereka dan telah diambil perhitungannya seputar tinggi badan, berat badan dan kepekaan terhadap insulin. Hasilnya, ditemukan bahwa mereka yang selalu berjalan setelah lima tahun, tidak hanya memiliki index massa tubuh rendah tetapi juga lebih peka terhadap insulin dan kecil kemungkinan terkena diabetes.  

Penelitian tersebut dibiayai oleh Pemerintah Asutralia beberapa perusahaan obat yang membuat obat untuk penyakit diabetes termasuk Abbot Australasia, AstraZeneca, Bristol-Myers Squibb. Dan penelitian ini telah dipublikasikan di Jurnal BMJ.  


Banyak badan dan petugas kesehatan yang merekomendasikan orang untuk berjalan 10.000 langkah per hari atau setara dengan kurang lebih 5 mil (8km). Pemimpin penelitian yang berasal dari Institut Penelitian Kesehatan Anak Murdoch di Melbourne memperkirakan jika mereka yang suka bersantai meningkatkan langkah per harinya untuk mencapai 10.000 langkah, mereka akan mengurangi index massa tubuh satu angka dan tiga kali merubah kepekaan terhadap insulin.  


Petugas kesehatan selalu mengingatkan dan menyarankan untuk selalu tetap ramping dan berlatih untuk menghindari diabetes.   "Pikirkan apa yang kamu lakukan tiap hari dan bagaimana kamu bisa bekerja dengan memperbanyak langkah," saran dari Asosiasi Penderita Diabetes Amerika dalam website mereka yang selalu menyarankan menaiki tangga dari pada menggunakan elevator. [AP/NOV/N-5]

No comments: